Selasa, November 27, 2012

Ayo Belajar Aqidah


Suatu ilmu atau pengetahuan pasti mempunyai mempunyai tahapan-tahapan dalam mempelajarinya, dan kita harus sesuai urutan tahapan tersebut. karena apabila kita tak sesuai dengan urutan, maka akan mengalami masalah dalam mempelajarinya. Sebagai contoh, kita semua tahu bahwa belajar matimatika itu di mulai dari mengenal angka, setelah itu kita dapat melakukan operasi matimatika seperti pertambahan, pengurangan dsb. Begitu pula dengan bahasa Indonesia, kita harus mengenal dan paham semua huruf alphabet dari A-Z. baru setelah itu kita bisa membaca sebuah tulisan.

Dalam memepelajari islam, kita harus dimulai yang dasar. Tentu dalam hal ini, kita terlebih dahulu mempelajari aqidah. Karena ini merupakan dasar dalam islam. Rasulullah pun tidak tanggung-tangung, selama 13 tahun beliau mengajarkan aqidah kepada para sahabat di mekkah. Karena betapa pentingnya aqidah ini. kalau di ibaratkan, aqidah sebagai pondasi suatu bangunan. Tentu apabila pondasinya bagus, meskipun ada gempa, bangunan itu akan berdiri kokoh, tapi apabila pondasi saja sudah rusak, maka pada saat pembangunan pun akan roboh.

Selain itu apabila kita sudah memiliki aqidah yang bersih dan kuat, maka kita akan cepat merespon segala perintah dan larangan Allah kepada kita. Sebagai contoh di zaman nabi, saat semua para wanita diwajibkan menutup aurat, maka pada saat itu juga mereka mencari apapun yang bisa menutupi auratnya, sama halnya ketika dilarangnya khamr, maka pada saat itu juga semua khamr yang dimilki dibuang begitu saja, tanpa berpikir lagi. Itu semua karena mereka mempunyai aqidah yang kokoh dan bersih.

Inilah yang jadi permasalah kita sekarang, banyak yang mempelajari aqidah hanya sekedar  tahu dan sepotong-potong, tidak memahaminya secara keseluruhan.  Oleh karena itu marilah kita berupaya untuk bisa memahami aqidah secara sempurna, agar kita bisa menjadi orang yang bertakwa, karena orang bertakwalah yang paling mulia di sisi Allah.
إِنَّ أَكْرَمَكُمْ عِنْدَ اللَّهِ أَتْقَاكُمْ إِنَّ اللَّهَ عَلِيمٌ خَبِيرٌ
Sesungguhnya orang yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling taqwa di antara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal.” (QS. Al Hujurat: 13)

Mari kita berusahana memahami aqidah ini dengan cara mempelajarinya secara serius dan tuntas. Kita dapat membaca buku-buku tentang aqidah, tentu dari pengarang yang sudah faham tentang aqidah,  Dan sebaiknya kita mencari guru atau ikut kajian – kajian ilmu tentang aqidah. (a) 
            
Wallahu a’lam                                                               


0 komentar:

Poskan Komentar