Sabtu, Mei 04, 2013

Mengelola Hati dan Perasaan


kita sebagai manusia terkadang melakukan berbagai kesalahan yang sengaja maupun tidak disengaja. dan dengan kesalahan yang kita perbuat terkadang juga menimbulkan rasa kecewa bahkan sakit hati kepada orang lain.

saya rasa sebagai manusia wajar saja apabila rasa kecewa / sakit hati itu muncul, karena manusia mempunyai hati dan perasaan, saya pun juga pernah mengalami hal tersebut.

namun sekarang bagaimana kita bisa mengelola rasa tersebut dengan baik, sehingga kita tidak jatuh dalam kebencian. karena rasa benci itu adalah suatu sikap yang sangat buruk dalam kehidupan sosial, terlebih dalam jalinan persahabatan yang diikat dengan ukhuwah.  

dan yang paling menyedihkan adalah ketika rasa benci itu sampai ke tingkat permusuhan. sehingga yang dulunya sahabat menjadi musuh, yang dulunya saling mencintai, menjadi saling memaki. 

sangat disayangkan apabila ini terjadi didalam sebuah ukhuwah yang dibangun atas dasar cinta kepada allah. karena ukhuwah, merupakan sebuah jalan menuju syugra nya allah. 

oleh karena itu dalam berukhuwah, kita harus bisa mengelola perasaan kita dengan baik. 

apabila kita melakukan kesalahan, akui dan segeralah minta maaf.
apabila hati kita merasa tersakiti atas kesalahan sahabat kita, maafkan lah dia. 
apabila kita merasa kecewa atas sikap sahabat kita, berlapang dada lah.

saya jadi teringat dengan film sherina, sebuah film anak-anak yang sangat populer pada zamannya.
film itu bercerita tentang persahabatan yang terjadi antara sherina dan sadam. namun uniknya, sebelum terjadinya persahabatan, mereka berdua saling bermusuhan dan saling mengejek. dan diakhir film ini ada satu lagu yang dinyanyikan oleh semuanya yang berjudul persahabatan.


dan dari sini kita bisa ambil pelajaran bahwa dengan kita bisa mengelola hati dan perasaan, kita dapat menjaga ukhuwah yang sudah terjalin bahkan kita bisa mendapatkan teman baru yang pernah membenci kita. (a)

Setiap manusia di dunia pasti punya kesalahan  |  Tapi hanya yang pemberani yang mau mengakui 
Setiap manusia di dunia pasti pernah sakit hati  |  Tapi hanya yang berjiwa satria yang mau memaafkan 
Persahabatan-Sherina





0 komentar:

Posting Komentar